PEMBINAAN DESA CANTIK

  • Oct 06, 2023
  • Admin Eka Bahurui

EKA BAHURUI - Kebutuhan akan data dalam penyusunan perencanaan pembangunan menjadi hal yang mutlak. Data yang akurat akan menghasilkan perencanaan yang baik dan tepat sasaran, sehingga hasilnya akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Namun data yang baik yang sudah tersedia, tidak akan memberi manfaat apabila tidak tahu cara mengolah dan memanfaatkannya.

Dalam rangka optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data, pemerintah desa Eka Bahurui mendapatkan pembinaan dari BPS Kotawaringin Timur, pada Rabu, 4 September 2023. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Mantikei Desa Eka Bahurui ini diikuti oleh Kepala Desa, beserta perangkat desa, dan Agen Statistik yang telah ditunjuk. Materi pembinaan yang disampaikan diantaranya adalah mengenai pemanfaatan data REGSOSEK yang akan diterima oleh desa dari Bapenas nantinya.

Dalam paparannya, Pembina Desa CANTIK Samuel menyampaikan bahwa data REGSOSEK yang akan diterima oleh desa, akan mencakup banyak hal terkait kondisi sosial dan ekonomi warga desa Eka Bahurui, diantaranya kondisi tempat tinggal, sumber air minum, sumber penerangan, bahan bakar untuk masak, fasilitas BAB, kepemilikan aset, kepesertaan keluarga pada program perlindungan sosial, dan lain sebagainya. Data ini dapat dijadikan acuan bagi pemerintah desa dalam menentukan langkah kebijakan yang tepat bagi warga masyarakatnya, dan program pembangunan yang terarah.

Pembinaan terhadap desa Cantik ini dilakukan untuk kali kedua di Desa Eka Bahurui, dan nantinya akan ada pembinaan selanjutnya, sehingga diharapkan pemerintah desa dapat mengolah data, menggunakan, dan memanfaatkannya untuk tujuan pembangunan desa.

DOEL-06/10/2023