MUSRENBANGDES RKPDES EKA BAHURUI

  • Sep 29, 2023
  • Admin Eka Bahurui

EKA BAHURUI- Jum'at tanggal 29 September 2023 Desa Eka Bahurui melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) TA. 2024. kegiatan ini dilaksanakan untuk membahas dan menyepakati Rancangan RKP Desa yang telah disusun sebelumnya oleh Tim Penyusun RKPDesa yang diketuai oleh Sekretaris Desa. Dalam kegiatan yang diselenggarakan di Aula Mantikei Desa Eka Bahurui ini dipaparkan sejumlah rencana kegiatan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa pada tahun yang akan datang. Rencana kegiatan tersebut dipilah atau dikelompokkan menurut kewenangan desa, dan kewenangan pemerintah daerah yang akan diusulkan dalam forum MUSRENBANG tingkat Kecamatan nantinya.

Kepala Desa Eka Bahurui RUSDIANSYAH mengatakan dalam sambutannya bahwa rencana kegiatan yang disusun dan disampaikan pada hari ini adalah merupakan usulan prioritas yang muncul pada saat MUSDES pada bulan juni lalu, sehingga sudah mengakomodir kepentingan masyarakat desa Eka Bahurui, karena MUSDES merupakan forum untuk menggali usulan maupun aspirasi dari masyarakat yang dijembatani oleh BPD.

ada banyak usulan yang dihimpun dari aspirasi tersebut, namun harus diurutkan berdasarkan skala prioritas dan kemudian dijadikan dalam satu dokumen berupa Daftar Usulan (DU) RKP Desa untuk disampaikan kepada Kecamatan. Penyerahan DU RKP Desa ini langsung setelah disepakati, dan disaat MUSRENBANGDES ini oleh Kepala Desa Eka Bahurui kepada Kasi PKD MUHAMMAD JAIS atas nama Camat Mentawa Baru Ketapang disaksikan oleh Ketua BPD, Pendamping Desa, Bhabinkamtibmas, dan peserta yang hadir yang berasal dari Perwakilan Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa (RT, RW, LPMD, PKK, Posyandu, Pusbindu) Kepala Sekolah, dan Tokoh masyarakat.

Setelah disepakati Rancangan RKPDesa ini akan dibahas dan disahkan oleh BPD dan Kepala Desa untuk menjadi Peraturan Desa, dan menjadi acuan pemerintah Desa dalam menyusun APBDes.

Doel-29/09/2023