PAWAI 1 MUHARRAM SANGGAR SENI SULING BALAWUNG DESA EKA BAHURUI

  • Jul 18, 2023
  • Admin Eka Bahurui

SAMPIT - Sudah menjadi tradisi setiap pergantian tahun baru islam, di Kabupaten Kotawaringin Timur khususnya kota Sampit selalu digelar acara pawai ta'aruf. Setiap tahunnya acara pawai ini mendapat antusias yang besar dari masyarakat, dengan peserta yang bertambah banyak, baik dari kalangan dinas, sekolah, pesantren, dan masyarakat umum, tidak ketinggalan pula Sanggar Seni Saung Balawung Desa Eka Bahurui yang baru saja terbentuk tahun lalu.

Sanggar Seni Saung Balawung Desa Eka Bahurui mengikutsertakan anak-anak binaannya, dengan menampilkan tari pesisir yang islami diiringi lantunan sholawat dan hadrah rebana membuat suasana meriah, dan mendapat aplaus dari pejabat Kabupaten Kotawaringin Timur yang berada di tribun, serta riuh tepuk tangan penonton. Anak-anak binaan sanggar ini, yang semuanya merupakan putra putri desa Eka Bahurui dengan semangat unjuk kebolehan dalam menari tradisional, dan menabuh gendang rebana.

Bapak Fitri salah satu pembina sanggar ini yang juga merupakan Damang Kepala Adat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang menyatakan bahwa anak-anak sanggar seni desa Eka Bahurui memiliki bakat yang bagus. Hal ini harus terus kita dorong dan kita bina untuk melestarikan budaya tradisional kita yang luhur, salah satu caranya dengan mengikuti kegiatan semacam pawai 1 Muharram ini.

Pelaksanaan pawai dimulai dari rumah jabatan Bupati Kotawaringin Timur dan berakhir di Taman Kota Sampit, dimeriahkan dengan pengundian doorprize.

Doel