ORIENTASI KADER POSYANDU DESA EKA BAHURUI

  • Feb 28, 2024
  • Admin Eka Bahurui

EKA BAHURUI - Program pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu prioritas pemerintah yang kemudian diturunkan dalam kebijakan penggunaan Dana Desa. berdasar kebijakan tersebut pemerintah desa Eka Bahurui gencar dalam melakukan kegiatan posyandu yang secara rutin dilaksanakan setiap bulan, dan kegiatan khusus untuk pemberian asupan tambahan gizi bagi balita yang terindikasi stunting, berupa program selama 90 hari. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyentuh sasaran secara langsung, agar dapat meningkatkan kualitas gizi bagi balita, dan ibu hamil.

Selain kegiatan tersebut, untuk meningkatkan upaya penanganan stunting di desa, pemerintah desa Eka Bahurui juga melakukan pembinaan terhadap kader posyandu setiap tahunnya. Untuk tahun 2024 ini kegiatan pembinaan kader posyandu dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 26 sampai dengan 28 Febuari 2024 di Aula Mantikei Desa Eka Bahurui. Nara sumber yang dihadirkan berasal dari Petugas Kesehatan dari Puskesmas Ketapang II,  Bidan dan Mantri Desa, sedangkan pesertanya adalah para kader Posyandu, baik Posyandu Balita, Lansia, dan Pusbindu PTM. Kader-kader posyandu sangat antusias mendengarkan materi yang diberikan oleh nara sumber, diantaranya materi tentang peningkatan pelayanan kesehatan di Posyandu.

ABDUL MANAN, Sekretaris Desa Eka Bahurui mengatakan bahwa kegiatan pembinaan untuk kader posyandu tahun 2024 ini diadakan dalam bentuk Orientasi Kader dengan menggunakan pagu anggaran Dana Desa tahun 2024, dengan peserta sebanyak 15 orang.

(DOEL, 28-02-2024)