LAUNCHING KAMPUNG RINTISAN MODERASI BERAGAMA DI DESA EKA BAHURUI

  • Jul 26, 2023
  • Admin Eka Bahurui

EKA BAHURUI -  Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang ditetapkan sebagai Kampung Rintisan Moderasi Beragama di Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Nomor 1141 Tahun 2023 tanggal 24 Juli 2023.

Penetapan sebagai Kampung Moderasi Beragama ini digelar dalam rangkaian acara Launching Kampung Moderasi Beragama di Aula Mantikei Desa Eka Bahurui hari ini, Rabu tanggal 26 Juli 2023 yang dimulai dari pukul 13.00 wib sampai dengan pukul 15.00 wib, dan dihadiri oleh pejabat dari lingkungan Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, perwakilan instansi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, unsur Muspika, Pemerintah Desa, jajaran penyuluh agama, perwakilan pemuka agama, beserta tamu undangan dari pihak masyarakat desa Eka Bahurui. Acara dimulai dengan parade budaya berupa Seni Tari Pesisir oleh MAN Kotim, dan juga oleh Seni Tari TPA MIftahul Ilmi Desa Eka Bahurui, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Panitia, Paparan Kepala Desa, Sambutan Camat Mentawa Baru Ketapang dan Arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur.

Dalam paparan Kepala Desa Eka Bahurui yang disampaikan oleh Sekretaris Desa yang juga merangkap sebagai Pelaksana Tugas Kepala Desa, menyampaikan bahwa kerukunan dan moderasi beragama di desa Eka Bahurui terbina dengan baik, hal ini dapat dilihat dari beberapa tradisi masyarakat desa yang mencerminkan suasana keakraban, kerukunan umat beragama, yaitu tradisi dalam menjaga kebersihan lingkungan berupa Sabtu bersih, tradisi do'a bersama dalam acara Suroan (1 Muharram), pementasan kesenian tradisional reog, kuda lumping, dan sanggar suling balawung, serta adanya kampung restorative justice dalam rangka menyelesaikan permasalahan di desa dengan mengedepankan musyawarah yang melibatkan unsur tokoh agama, tokoh adat , dan tokoh masyarakat. Pungkasnya Sekretaris Desa menyampaikan bahwa Desa Eka Bahurui siap sebagai kampung rintisan moderasi beragama, dan akan terus menjaga kerukunan dan menghargai keberagaman di desa.

Adapun dalam sambutannya Camat Mentawa Baru Ketapang, H. Hidayat Setiadi, S.STP, M.Si menyampaikan rasa bangga karena salah satu desa binaannya ditetapkan sebagai kampung moderasi beragama, dan semoga dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Beliau juga berpesan agar para tokoh agama di desa meningkatkan pembinaan keagamaan bagi masyarakat dengan memberikan pemahaman yang benar dalam hal beragama.

Kemudian dalam arahan Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur disampaikan bahwa desa moderasi beragama ini dibentuk untuk menjadi mercusuar bagi desa-desa lainnya, dalam hal menghargai perbedaan dalam beragama, dan bersikap yang moderat, agar tercipta kerukunan antar umat beragama.

Acara launching kampung moderasi beragama ini ditandai dengan pemukulan gendang rebana secara bersama-sama oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kotawaringin Timur, Unsur Muspika, dan Para Pemuka Agama, dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada Desa Eka Bahurui, serta ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin oleh para pemuka agama, yaitu Islam, Kristen, Katholik, dan Budha.

Doel