KEGIATAN PUSBINDU DESA EKA BAHURUI

  • Jul 15, 2023
  • Admin Eka Bahurui

Pos Pembinaan Terpadu atau yang disingkat dengan Posbindu, merupakan kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) terintegrasi, serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Sasaran kegiatan ini adalah kalangan usia produktif, yaitu usia 15-59 tahun.

Di Desa Eka Bahurui Posbindu diselenggarakan setiap bulan pada tanggal 15 bertempat di Balai Desa. Antusias warga semakin meningkat mengikuti kegiatan ini terlihat dari daftar hadir peserta yang selalu dicatat dengan baik oleh para kader.

Kegiatan posbindu selalu dihadiri oleh seorang dokter dan dibantu petugas kesehatan lainnya yang berasal dari Puskesmas Ketapang II Kabupaten Kotawaringin Timur, yang bertugas memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh peserta. Untuk kegiatan pada hari ini, Sabtu, 15 Juli 2023 diadakan pemeriksaan asam urat, kolesterol, dan gula darah, serta ditambah dengan pemeriksaan golongan darah. Demikian sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Posbindu Desa Eka Bahurui Saudari HATIMAH RASIDAH kepada penulis berita. Beliau menambahkan bahwa peserta selalu meningkat, akan tetapi  masih didominasi oleh perempuan, sedangkan peserta laki-laki masih bisa hitung jari. Hal ini mungkin dikarenakan laki-laki sedang menjalani rutinitas pekerjaan masing-masing.

Seorang peserta perempuan menyampaikan bahwa iya sebenarnya sangat ingin membawa serta suaminya. Namun karena alasan pekerjaan suaminya tersebut tidak dapat ikut.

Seorang peserta lain menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan kegiatan posbindu ini, karena sangat bermanfaat bagi warga desa Eka Bahurui, selain tidak dipungut biaya sedikitpun, juga melalui kegiatan ini dapat diperiksa kesehatan warga, sehingga apabila terdapat gangguan kesehatan dapat dideteksi lebih dini, sehingga dapat dilakukan penanganan segera. Harapannya agar kegiatan posbindu ini dapat semakin ditingkatkan.

Doel, 15 Juli 2023