KEGIATAN POSYANDU LANSIA DESA EKA BAHURUI

  • Jul 15, 2023
  • Admin Eka Bahurui

Masa tua masa bahagia. Demikian tentunya harapan semua orang. Untuk mencapai hal itu salah satu faktornya adalah tubuh harus selalu sehat, walau usia senja. Kesehatan adalah investasi hidup yang utama. Agar kesehatan tetap terjaga, olah raga yang teratur, pola makan yang tepat, isirahat yang cukup, dan rutin memeriksakan kesehatan.

Posyandu Lansia Desa Eka Bahurui menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para lanjut usia warga desa eka bahurui. Kegiatan yang dilaksanakan sebulan sekali setiap tanggal 15 ini, mendapatkan sambutan yang baik oleh masyarakat. Ini terbukti dengan semakin meningkatnya peserta yang hadir setiap bulannya.  Ibu RINA HARIYATI selaku ketua Pengurus Poyandu Lansia SEHAT MANDIRI Desa Eka Bahurui menyampaikan peserta yang hadir pada hari ini berjumlah 71 orang, dengan kategori berbeda. Ada kategori Pra Lansia yaitu kelompok usia 45 sampai dengan 59 tahun, ada juga kategori Lansia untuk usia 60 tahun keatas. Adapun untuk pelayanan kegiatan pada hari ini yaitu didahului dengan senam prolanis, menyanyikan lagu mars lansia, dan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan itu sendiri meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, pengontrolan Indek Massa Tubuh, dan tekanan darah, serta ada juga pengecekan  asam urat. Semua keperluan untuk operasional kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah desa Eka Bahurui.

Sementara itu ditempat yang sama, seorang peserta posyandu yang bernama POERWONO menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, karena dapat mengetahui kondisi kesehatan setiap bulannya, sehingga apabila terdapat keluhan dapat langsung ditangani oleh dokter dari Puskesmas yang hadir. Beliau mengharapkan agar kegiatan posyandu ini dapat terus diselenggarakan, dan mengucapkan terima kasih kepada para kader poyandu desa Eka Bahurui yang kompak, dan solid menyelenggarakan kegiatan ini.