DESA EKA BAHURUI DICANANGKAN SEBAGAI DESA CANTIK

  • Sep 12, 2023
  • Admin Eka Bahurui

EKA BAHURUI-Desa Eka Bahurui dicanangkan sebagai Desa Cantik oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Kotawaringin Timur. Dalam acara pencanangan yang digelar di Aula Mantikei Desa Eka Bahurui Selasa, 12 September 2023 ini dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur, Camat Mentawa Baru Ketapang, Danramil Ketapang, Kepala KUA Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kepala Desa dan Lurah se-Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kepala Desa Eka Bahurui, dan Perangkat Desa, Ketua BPD Eka Bahurui dan tokoh masyarakat.

Desa Cantik sendiri adalah yang merupakan kepanjangan dari Desa Cinta Statistik merupakan program dari Badan Pusat Statistik (BPS),  dibuat dalam rangka pembinaan sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan. Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik memiliki peran penting dalam peningkatan pengelolaan, pemanfaatan dan literasi data di tingkat desa. Dalam sambutannya Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur, Eddy Surahman, SST, M.Si menyampaikan bahwa saat ini baru terdapat 7 Desa di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah yang dicanangkan sebagai Desa Cantik, salah satunya adalah Desa Eka Bahurui Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kabupaten Kotawaringin Timur. Dengan adanya desa Cantik ini, diharapkan nantinya akan tersedia data yang akurat dan terintegrasi di desa, untuk selanjutnya dapat diolah dan dikelola, serta dapat bermanfaat dalam pengambilan kebijakan secara tepat sasaran.

Dengan adanya data yang baik dan terintegrasi, permasalahan yang sering terjadi di  tingkat desa terutama dalam hal penyusunan perencanaan pembangunan di desa diharapkan dapat teratasi. Hal ini yang diakui oleh Pelaksana Tugas Kepala Desa Eka Bahurui Abdul Manan, bahwa masih lemahnya data yang ada di desa, sebagian besar data-data yang ada belum terintegrasi atau belum terkumpul dengan baik, sehingga apabila diperlukan tidak bisa diperoleh dengan cepat. Harapannya adalah data yang ada dapat tersusun by name by address sehingga memudahkan para stake holder dalam menentukan kebijakan secara cepat dan tepat, dan juga pembangunan desa menjadi lebih tepat sasaran

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Mentawa Baru Ketapang H. Eddy Hidayat, S,STP. M,Si, yang mempertegas mengenai pentingnya data dalam proses pengambilan keputusan. Secara khusus beliau juga menyampaikan terima kasih kepada BPS Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah menunjuk desa binaannya yaitu Desa Eka Bahurui sebagai Desa Cinta Statistik.

Acara pencanangan ditandai dengan penandatangan Piagam oleh Plt. Kepala Desa Eka Bahurui, Kepala BPS Kabupaten Kotawaringin Timur, dan Camat Mentawa Baru Ketapang, dan dilanjutkan dengan pembinaan kepada perangkat desa.

(Doel)